Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[Terlengkap] Jingling : Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Mengatasinya


 

Banyaknya traffic atau jumlah pengunjung, memang mampu memengaruhi suatu blog atau bahkan website. Untuk mendapatkan hal tersebut tentu tidak mudah, ada pun cara yang instan seperti jingling. Namun, cara tersebut terbilang curang dan bahkan memiliki dampak buruk untuk konten.


Pengertian dan Sejarah

Pada umumnya, jingling ini merupakan software yang diciptakan secara langsung dengan tujuan untuk dapat meningkatkan jumlah visitor atau para pengunjung konten di suatu blog atau bahkan website secara instant. Biasanya, software ini selalu disebut-sebut sebagai auto visitor/visitor bot.

Berbicara mengenai sejarah / awal mula munculnya jingling ini, yaitu didirikan di China tepatnya pada Tahun 2008 lalu. Namun, saat itu disebut sebagai Software Traffic Spirit. Jingling menjadi situs pertama di dunia yang memiliki pembawaan Bahasa China asli dan juga Bahasa Inggris saat itu.

Situs tersebut antara lain http://www.spiritsoft.cn dan juga http://www.ipts.com. Kedua dari link tersebut termasuk ke dalam situs pertama yang ada di dunia maya dan banyak disebut sebagai situs jingling atau auto view. Namun, yang berkunjung tersebut bukanlah manusia melainkan hanya robot.


Cara Kerja Jingling dan Pengaruh Pada Blog

Berbicara mengenai cara kerja dari Program Software Jingling, pada umumnya cukup sederhana saja. setelah melakukan instalasi pada aplikasi tersebut, maka Anda akan dimengarah ke sebuah halaman di mana formulir akan menampilkan kata “Rules”. Cukup daftarkan saja alamat blog pribadi di kolom.

Setelah itu barulah Anda tekan tombol process dan tunggu hingga beberapa saat. Nanti akan melihat trafik dari blog dan terbukti akan meningkat secara pesat. lalu apakah hal ini akan memberikan pengaruh pada blog ? Tentu saja, mengingat jingling ini termasuk salah satu software yang negatif.

Perlu Anda ketahui, bahwa Pihak Google sangatlah sensitif terhadap software jingling satu ini. Sekalinya terdeteksi oleh Google, bukan hal yang mustahil blog atau suatu website akan dihapus secara langsung. Itulah mengapa, akan lebih baik tidak menggunakan program aplikasi satu ini.


Ciri - Ciri Blog Kena Jingling

Sebagai pengguna atau pembuat konten, Anda harus selalu mewaspadai adanya hal-hal berbau curang yang seringkali tiba-tiba menyerang website/blog pribadi. Hal tersebut harus selalu dipantau, karena jika sampai ada masalah. Tentu saja akan membawa dampak buruk untuk konten.

Ciri-ciri blog yang sudah terkena jingling, antara lain page view-nya tiba-tiba melunjak. Kemudian, antara jumlah pengunjung online dengan page view itu tidak sebanding. Lalu bounce rate-nya menjadi sangat tinggi dari sebelumnya. Asal negara pengunjungnya pun tidak akurat.

Setelah mengetahui beberapa ciri-ciri blog yang terkena jingling tersebut, sebagai pengguna/pembuat konten di suatu blog atau website Anda harus segera mengatasinya supaya tidak semakin membawa pengaruh buruk. Dikarenakan jingling akan membuat blog dihapus oleh pihak Google.


Kelebihan dan Kekurangan Jingling

Berbicara mengenai kelebihan dari kekurangan jingling, sebenarnya ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Kelebihan pertamanya adalah dapat meningkatkan traffic situs yang cukup tinggi serta meningkatkan kekuatan dari SEO.

Tidak hanya itu saja, kelebihan dari jingling juga dapat memberikan posisi ranking situs di Alexa Rank dengan kategori yang cukup bagus. Namun, di balik itu semua jingling mempunyai suatu kekurangan yang sampai saat ini banyak sebagian besar pengguna hindari. Itu karena software-nya rawan.

Kekurangannya antara lain, seperti menjadikan suatu situs rawan oleh banned dari pihak Google. Terlebih lagi robot yang dipanggil itu asalnya dari seluruh dunia. Kemudian, menjadikan traffic situs tidak lagi stabil. Situs Anda akan terdeteksi sebagai spam sites yang menggangu.

Bagaimana Cara Mengatasi Serangan Dari Jingling ?

Setelah mengetahui cara untuk mengatasi jingling step by step. Anda juga harus tahu penjelasan secara detail terkait cara mengatasi serangan dari jingling tersebut. Hal ini adalah sebuah tips yang cukup berguna untuk pengguna pemula yang baru memulai membuat konten.


1. Berhenti Untuk Membagikan URL

Salah satu penyebab terbesar dari terjadinya jingling, yaitu sering membagikan URL blog pribadi ke orang lain atau sembarangan tempat. Akan lebih bagus jika tidak terjadi hal buruk apapun. Namun, beda kejadian jikalau ada orang yang tidak menyukai blog Anda dan melakukan pengiriman auto visitor.

Tentu saja auto visitor tersebut mampu menurunkan kualitas dari blog/konten Anda. Itulah mengapa, jangan sampai menyebarkan URL blog ke sembarangan tempat. Misalnya saja seperti Grup Facebook, Grup Chat WhatsApp dan lain-lain. Supaya dapat meminimalisir terserang bahaya jingling.


2. Menerapkan Penolakan Sumber URL Menggunakan Script

Tips untuk mengatasi serangan dari jingling selanjutnya, Anda harus membutuhkan script. Tujuannya adalah untuk dapat mencekal URL situs yang telah melakukan spam sites terhadap blog pribadi. Akan tetapi, tentu saja harus teliti dalam melakukan penyaringan URL yang telah spam tersebut.

Untuk rekomendasi script yang bisa Anda gunakan, antara lain seperti <head></head> atau bisa juga pakai &lt;!--<head>--&gt;&lt;head&gt;. Jika sekiranya masih bimbang memilih script yang mana. Bisa juga melihat referensi di internet, karena pasti banyak hasilnya.

3. Dengan Mengubah Settings Robots.txt

Perlu Anda ketahui, bahwa robot.txt adalah salah satu akses kontrol mesin perayap. Jadi, intinya akses tersebut bisa menjadi manfaat. Tujuannya, tidak lain tidak bukan yaitu untuk dapat mencekal serangan dari bahayanya jingling terhadap suatu website. Tentu saja cara ini terbilang sangat aman.

Seperti yang Anda ketahui, bahwa jingling ini sangatlah berbahaya untuk keberlangsungan suatu website. Setelah berhasil mengatasi hingga akarnya, jangan pernah menggunakan jingling atau terlibat dengan software-nya. Bila terasa sulit mendapat visitor, akan lebih baik pakai cara murni.


Cara Mengatasi Serangan Trafik Jingling

Setelah mengetahui beberapa penjelasan terkait jingling. Jikalau Anda merasakan, bahwa situs pribadi untuk membuat konten terkena jingling. Segeralah untuk mengatasinya, sebelum masuk kategori sebagai spam sites oleh pihak Google dan akhirnya justru hilang secara paksa.

  1. Pertama, lakukan Login ke Blogger
  2. Kemudian, masuk ke dalam Opsi Setelan/Pengaturan
  3. Di Preferensi Penelusuran, klik Custom
  4. Lalu pilih Opsi txt
  5. Selanjutnya, pilih Opsi Edit
  6. Jika sudah, Copy Script di bawah ini.
  7. User-agent: Mediapartners-Google
    Disallow:
    User-agent: Googlebo
  8. Allow: /
    Disallow: /search
    User-agent: *
    Disallow: /
  9. Dampak Negatif Jingling

    Sebagai salah satu program yang terkenal cukup berbahaya, walaupun terkadang memberikan banyak kemudahan dan keberuntungan untuk penggunanya. Jingling ini memiliki dampak negatif yang sangat membahayakan suatu situs dalam pembuatan konten.

    Salah satunya dapat terdeteksi sebagai spammers, apalagi jika sampai terdeteksi oleh Pihak Google. Maka situs yang Anda susah-susah buat untuk membuat konten, terpaksa akan Anda hapus secara langsung karena terlihat berbahaya. Terlebih lagi semua visitornya bukan manusia, namun robot.

    Selain itu, situs akan terdeteksi sebagai sampah. Itu karena sebagian besar pengunjungnya memiliki IP Address yang sama. Dari situlah yang menyebabkan situs menjadi sampah, tidak menutup kemungkinan jika hilang dari Google SERP.

    Tidak hanya itu saja, dampak negatif dari jingling ini juga akan memberikan penurunan dari DA PA blognya. DA ini singkatan adalah Domain Authority, sedangkan PA yaitu Page Authority. Semuanya akan menurun jika ada traffic tidak jelas. Menyebabkan posisi situs akan selalu tergelincir oleh website pesaing lain.Sitemap: http://namablog.blogspot.co.id/feeds/posts/default?orderby=UPDATEDt